Senin, 05 Januari 2009

Ada Kanker Serviks di DPRa Pancoran


Hari minggu (4/1) DPRa Pancoran melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan bagi warga kelurahan Pancoran, khususnya ibu – ibu se-kelurahan Pancoran. Penyuluhan kesehatan kali ini mengambil tema “kanker serviks (leher rahim)”. Kegiatan penyuluhan ini merupakan salah satu kegiatan rutin penyuluhan kesehatan dua pekanan yang dilakukan DPRa Pancoran.
Penyuluhan kanker serviks ini mengambil tempat di klinik “Bidan Ambar” Pancoran. Sebagai pemateri adalah seorang dokter PPDS Kebidanan UI. Kanker serviks merupakan kanker penyebab kematian pertama pada perempuan di Indonesia, namun sebenarnya kanker ini dapat disembuhkan jika para wanita rajin melakukan pemeriksaan deteksi dini kaker. Banyak penderita yang datang ke rumah sakit sudah dalam kondisi stadium lanjut (sudah terlambat). Kanker serviks ini disebabkan oleh sebuah virus yang dinamakan HPV (Human Papilloma Virus). Materi disajikan dengan berbagi ilustrasi tentang kanker serviks yang menarik dan sebelumnya setiap peserta sudah menerima photocopian materi. Oleh karenanya peserta sangat antusias mengikuti pemaparan tentang kanker serviks ini, hal ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para peserta. Penyuluhan kanker serviks ini berlangsung dari jam 09.30 samapi 11.00. Untuk pekan depannya insyaAllah akan dilanjutkan dengan kegiatan pap smear (tes kanker) untuk ibu – ibu, bekerja sama dengan YKI (Yayasan Kanker Indonesia).
Selanjutnya dari jam 11.00 sampai 12.00, acara dilanjutkan dengan dialog antara caleg perempuan DPRD DKI untuk Jakarta Selatan yaitu Ibu Luwih Lestari. Beliau memaparkan pentingnya peran dan kontribusi perempuan dalam berbagai aspek kehidupan. Pembangunan juga membutuhkan peran perempuan untuk mensukseskannya.

www.pks-dpcpancoran.blogspot.com

Tidak ada komentar: